Memberikan Informasi Tentang Kegiatan dan Informasi Lainnya

Senin, 10 April 2023

Siapa Oscar Habib ?

 

Nama : Oscar Habib, S.H., M.M.

Tempat Lahir : Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Tanggal Lahir : 13 Maret 1995 (28 Tahun)

Agama : Islam

Istri: Meiti Novita, S.Pd.

Anak: Rayhan Shakel Alfarizi

Nama Ayah : Tom Haryono Harun

Nama Ibu : Rengga Astuti

Nama Abang : Galang Bayu Mahendra – Tomi Satria Anarki (Panji)


Pendidikan:

• SD Negeri 19 Kelapa Kampit, Belitung Timur (2006)

• SMP Negeri 1 Kelapa Kampit, Belitung Timur (2009)

• SMA Negeri 1 Kelapa Kampit, Belitung Timur (2012)

• Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2016)

• Magister Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2019)

Perjalanan Karier :

• Staf Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Timur (Agustus-September 2019)

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (September 2019 s/d Mei 2023)

• Pimpinan Oscar Habib Production (Sebuah usaha yang bergerak di bidang Food and Beverage, dokumentasi dan media)

Penghargaan :

• Juara 1 Liga Pendidikan Indonesia Tingkat Kabupaten Belitung Timur Tahun 2011 (Manager)

• Peserta Terbaik Malam Keakraban IKPB Yogyakarta Tahun 2013

• Juara 2 Sayembara Jingle Pilkada Kabupaten Belitung Timur Tahun 2015

• Juara 3 Pawai Pembangunan Umum Tingkat Kabupaten Belitung Timur Tahun 2023

Organisasi :

• Anggota OSIS SMAN 1 Kelapa Kampit (2009-2010)

• Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Kelapa Kampit (2010-2011)

• Kepala Divisi Humas IKPB Yogyakarta (2014-2016)

• Bendahara PS Calamoa Yogyakarta (2015-2016)

• Wakil Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kelapa Kampit (2015-2019) 

• Ketua Divisi Pemuda dan Olahraga Karang Taruna Keamatan Kelapa Kampit (2016-2018)

• Ketua Karang Taruna Kecamatan Kelapa Kampit (2018-2021)

• Anggota Komite Media Asosiasi Kabupaten PSSI Kabupaten Belitung Timur (2019-2021)

Media Officer Tim Sepak Bola PS Belitung Timur (2018 s/d Sekarang)

• Ketua Kelompok Tani “Aik Balang” Desa Senyubuk (2019 s/d Sekarang)

• Wakil Sekretaris KNPI Kabupaten Belitung Timur (2020 s/d Sekarang)

• Wakil Ketua Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia Kabupaten Belitung Timur (2020 s/d Sekarang)

• Ketua Komite Informasi dan Promosi Asosiasi Kabupaten PSSI Belitung Timur (2021 s/d Sekarang)

• Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Belitung Timur (2021 s/d Sekarang)

• Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara Kabupaten Belitung Timur (2022-2023)

• Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kelapa Kampit (2019 s/d Sekarang)

• Ketua Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Desa Pembaharuan (2021 s/d Sekarang)

Pengalaman Kegiatan :

PERJALANAN AWAL

Oscar Habib yang akrab dipanggil Bang Yos lahir di Pulau Belitung pada tanggal 13 Maret 1995.

Setetelah menamatkan SD sampai dengan SMA di Kecamatan Kelapa Kampit, Oscar Habib memutuskan untuk merantau ke Kota Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan dengan menempuh jurusan Hukum Tata Negara di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 2016, Oscar Habib melanjutkan ke Program Magister dengan mengambil jurusan Master of Human Resources Development pada Universitas yang sama.

Setelah 7 tahun merantau Oscar Habib memutuskan untuk kembali ke kampung halaman dan sempat bekerja sebagai Staf Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Timur lalu mendapatkan amanah sebagai Koordinator Pendamping Desa se Kecamatan Kelapa Kampit yang bertugas untuk melakukan Pendampingan dan Pengawasan terkait dengan penggunaan Dana Desa.

Pada masa SMA Oscar Habib aktif di OSIS SMAN 1 Kelapa Kampit sebagai Wakil Ketua Divisi Organisasi periode 2009-2010 dan sempat mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS untuk periode 2010-2011 namun harus puas di urutan kedua setelah hanya mengumpulkan 101 suara, kalah tipis dari urutan pertama dengan 111 suara.

Hasil ini menempatkan Oscar Habib sebagai Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Kelapa Kampit untuk periode 2010-2011.

Saat menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Kelapa Kampit, Oscar Habib yang juga pecinta sepak bola memimpin tim sepak bola SMAN 1 Kelapa Kampit sebagai Manager yang bertugas mengurus segala urusan adminstrasi baik diluar dan di dalam lapangan agar kebutuhan tim dapat tercukupi semua. Pada tahun itu juga Oscar Habib sebagai Manager mampu membawa SMAN 1 Kelapa Kampit keluar sebagai Juara Liga Pendidikan Indonesia Tingkat Kabupaten Belitung Timur Tahun 2011 dan lolos ke Tingkat Provinsi pada tahun yang sama.

Di tahun yang sama, Oscar Habib juga menjadi Ketua Pelaksana kegiatan Turnamen Futsal Antar SMP/SMA se Kecamatan Kelapa Kampit di tahun yang sama dan merupakan Turnamen Futsal pertama yang diselenggarakan di Kecamatan Kelapa Kampit.

Saat melanjutkan pendidikan di Kota Yogyakarta Oscar Habib aktif di berbagai Organisasi yaitu Ikatan Keluarga Pelajar Belitong (IKPB) Cabang Yogyakarta. Sempat mencalonkan diri sebagai Ketua Umum pada tahun 2014, namun lagi-lagi harus puas berada di urutan kedua setelah hanya mengumpulkan 18 suara. Setelah itu Oscar Habib menjabat sebagai Kepala Divisi Humas IKPB Yogyakarta periode 2014-2016.

Selama di Kota Yogyakarta, Oscar Habib juga terlibat aktif pada hampir semua kegiatan Mahasiswa Pulau Belitong yang ada di Kota Yogyakarta seperti menjadi Pembawa Acara kegiatan Gebyar IKPB Yogyakarta tahun 2013 dan 2017, dan pada puncaknya menjadi Ketua Pelaksana Gebyar IKPB Yogyakarta pada tahun 2015 dan memimpin lebih 150 Mahasiswa-i Belitong yang terlibat di kepanitiaan. Selain itu juga malam puncak yang digelar di Komplek Taman Budaya Yogyakarta dihadiri kurang lebih 500 masyarakat Yogyakarta yang didominasi Mahasiswa-i. Selain itu juga aktif pada kepanitian Turnamen Futsal yang diselenggarakan oleh IKPB Yogyakarta pada tahun 2014,2016 dan 2018 bertempat di Kota Yogyakarta.

Selain itu juga selama di Kota Yogyakarta Oscar Habib pernah menjabat sebagai Bendahara Klub Sepak Bola PS Calamoa, Manager tim Sepak Bola Mahasiswa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan aktif bertugas sebagai Wasit Sepak Bola di Asosiasi Kota PSSI Yogyakarta.

Saat mengabdi di Askot PSSI Yogyakarta, Oscar Habib yang memegang lisensi wasit C-2 Tingkat Provinsi pernah bertugas di berbagai event besar di Kota Yogyakarta seperti Porprov DIY 2015, Piala Walikota, Divisi Utama & Divisi 1 Kompetisi Kota Yogyakarta, Piala Rektor Berbagai Universitas, Turnamen SSB se Pulau Jawa, Liga Pendidikan Indonesia Kota Yogyakarta, Liga Super UII dan berbagai kompetisi besar lainnya di Kota Yogyakarta selama rentang 2014-2019.

Setelah 7 tahun merantau Oscar Habib kembali ke kampung halaman dengan tujuan untuk mengabdikan diri dan membangun Kecamatan Kelapa Kampit menjadi lebih baik dalam segala hal.

Saat ini Oscar Habib banyak mengabdi di berbagai organisasi kemasyarakatan dari mulai Karang Taruna, KNPI, Kelompok Tani dan berbagai organisasi lainnya.

Sebagai generasi muda yang memiliki niat untuk mengembangkan minat dan bakat, Oscar Habib tercatat sudah 3x melaksanakan Turnamen Futsal Terbesar di Kecamatan Kelapa Kampit pada 2020,2021 dan 2022.

Selain itu juga melihat animo kebangkitan E-Sports Oscar Habib juga pernah melaksanakan Turnamen E-Sports Mobile Legend terbesar di Kecamatan Kelapa Kampit pada tahun 2022 yang lalu.

Di dunia sepak bola, pada tahun 2023 Oscar Habib bersama dengan Edy Suhatman, Taufiq dan Agung Permana yang mengatasnamakan “Pecinta Sepak Bola Kelapa Kampit” melaksanakan Turnamen Sepak Bola Skala Kecil dengan tema Piala Ramadhan 2023 yang dilaksanakan sebagai jawaban atas tingginya minat masyarakat Kecamatan Kelapa Kampit pada dunia sepak bola.

Oscar Habib juga aktif di berbagai kegiatan di Kecamatan Kelapa Kampit seperti menjadi Panitia Peringatan HUT RI Tingkat Kecamatan, Ketua Pelaksana Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur Tingkat Kecamatan dan pernah menjadi Ketua Pelaksana HUT RI Tingkat Desa Pembaharuan.

Oscar Habib yang pernah menjabat sebagai menjabat sebagai Pendamping Desa se Kecamatan Kelapa Kampit yang bertugas untuk memberikan Pendampingan dan Pengawasan Terkait Penggunaan Dana Desa selalu mengajak dan menghimbau aparatur Pemerintahan Desa se Kecamatan Kelapa Kampit untuk selalu mengedepankan asas Bersih Transparan Profesional dalam menjalankan tugas yang diberikan pada September 2019 s/d Mei 2023

Hal ini diwujudkan langsung oleh Oscar Habib dengan selalu mendokumentasikan dan menampilkan seluruh kegiatan dan anggaran Pemerintah Desa se Kecamatan Kelapa Kampit melalui berbagai akun media sosialnya. Hal ini dilakukan Oscar Habib sebagai aksi nyata untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang BERSIH TRANSPARAN PROFESIONAL.

Namun pada Mei 2023 Oscar Habib memutuskan untuk berhenti bertugas sebagai Pendamping karena ingin mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur (walaupun sebenarnya tidak diwajibkan berhenti) Oscar Habib tetap memilih untuk berhenti karena tidak ingin terjadi konflik kepentingan antara tugasnya sebagai Pendamping Desa yang juga berstatus sebagai Calon Anggota Legislatif.

Setelah berhenti saat ini Oscar Habib kembali fokus menjalankan usaha di bidang Food and Beveragesnya yang bernama D'Celup Chicken Crispy Kelapa Kampit, selain itu juga saat ini bersama dengan kelompok Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Pulo Lamun Desa Pembaharuan Oscar Habib yang mendapatkan mandat sebagai Ketua Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) fokus untuk melakukan pengembangan kawasan Ekowisata Sabang Ru agar dapat menjadi tempat wisata berkelas dan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Terkait dengan pencalonan sebagai Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Belitung Timur, Oscar Habib maju dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan nomor urut 2 dengan Daerah Pemilihan Kecamatan Kelapa Kampit dan Kecamatan Damar.

-Oscar Habib Merupakan Putra Ketiga Pasangan Tom Haryono Harun dan Rengga Astuti-

Hubungi Saya

E-Mail : [email protected] dan http://oscarhabib.org/

No HP : 0819-4918-0411

 


 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

CALEG DPRD KABUPATEN BELITUNG TIMUR

CALEG DPRD  KABUPATEN BELITUNG TIMUR

HARAPAN BARU MASYARAKAT

HARAPAN BARU MASYARAKAT

DAPIL KELAPA KAMPIT - DAMAR

DAPIL KELAPA KAMPIT - DAMAR

pesan

"Pemimpin Secara Administrasi Berada di Titik Paling Paling Atas, Akan Tetapi Secara praktek Ada di Paling Bawah Sebagai Pelayan Rakyat"

Nomor 2 PDI Perjuangan

Nomor 2 PDI Perjuangan

KARTU NAMA

KARTU NAMA

KALENDER 2024

KALENDER 2024

JERSEY RESMI

JERSEY RESMI