Memberikan Informasi Tentang Kegiatan dan Informasi Lainnya

Kamis, 27 Oktober 2016

Profil Kecamatan kelapa Kampit

         Kecamatan Kelapa Kampit adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung Timur. Kecamatan Kelapa Kampit dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 44 Tahun 1986 tentang Pembentukan Kecamatan Kelapa Kampit dan Kecamatan Dendang di Kabupaten Belitung daerah tingkat II Belitung.

        Saat ini di Kecamatan Kelapa Kampit terdapat 6 Desa yaitu :

  • Desa Senyubuk                           (Kepala Desa ; Dody Hidayah)
  • Desa Pembaharuan                     (Kepala Desa ; Pamri)
  • Desa Mayang                              (Kepala Desa ; Guna Hendra Jaya)
  • Desa Mentawak                          (Kepala Desa ; Agung Permana)
  • Desa Cendil                                (Kepala Desa ; Eddy)  
  • Desa Buding                               (Kepala Desa ; Mardini)
    
  Saat ini Kecamatan Kelapa Kampit dipimpin oleh seorang Camat yang bernama Susiawati, beliau memimpin Kelapa Kampit sejak awal tahun 2023 yang lalu. Di Kecamatan Kelapa Kampit terdapat beberapa Obyek Wisata yang menjadi unggulan seperti Open Pit Mining, Agrowisata Bukit Pangkuan, Pantai Sengaran, Kulong 7, Kelenteng Fu De Ci, Menara Stoven, Hutan Kerangas, Savana Jerumbang, Ekowisata Sabang Ru dan lainnya

OPEN PIT NAM SALU
 




   

       Terletak di Desa Senyubuk, Open  Pit merupakan peninggalan pertambangan timah Kabupaten Belitung Timur yang sudah tidak beroperasi lagi sejak awal dekade 1990an. Terletak di Bukit Kik Karak Desa Senyubuk Kelapa Kampit, sekitar 60 kilometer dari Tanjung Pandan, atau sekitar 30 kilometer dari Kota Manggar, Ibukota Belitung Timur. Open pit sebenarnya bukan area yang ditujukan untuk berwisata. Area ini menjadi daya tarik baru karena keunikannya dan pemandangannya yang disukai oleh fotografer landscape maupun fotografer pernikahan.


      Open Pit menjadi unik karena kawasan yang dulunya merupakan area tambang timah ini merupakan tambang dalam, bukan tambang semprot seperti kebanyakan tambang timah di Bangka Belitung. Di area Open pit ini terdapat sebuah danau besar yang letaknya dalam cekungan raksasa, serta gua bekas penambangan. (VisitBangkaBelitung.com)


AGROWISATA BUKIT PANGKUAN







  Bukit Pangkuan adalah salah satu obyek wisata andalan Kelapa kampit yang terletak di Desa Mentawak. Di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan alam Bukit Kik Karak dari atas ketinggian, selain itu juga di tempat ini kita bisa menikmati fasilitas permainan yang ada seperti Flying Fox sepanjang 205 Meter, High Rope, ATV, Kolam Renang, Mandi Bola dan berbagai permainan lainnya yang bisa dinikmati. Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini kita harus mengeluarkan Rp 7.500/orang, biaya yang cukup terjangkau untuk mengunjungi obyek wisata ini.
        
PANTAI SENGARAN
    




      Pantai Sengaran adalah Pantai yang menjadi andalan masyarakat Kecamatan Kelapa Kampit dan sekitarnya untuk mengisi waktu libur, tak heran jika pada hari libur pantai ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai ini. Pantai yang terletak di Desa Mayang ini terletak sekitar 15 Km dari pusat Kecamatan Kelapa Kampit ini memiliki beberapa keunggulan seperti garis pantai yang panjang, pasir putih yang halus, taman bermai  untuk anak-anak, rumah makan, toilet umum dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

     Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Selain itu juga pada bulan Maret 2016 yang lalu Pantai Sengaran dikunjungi oleh ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara karena Pantai Sengaran ditetapkan menjadi salah satu lokasi untuk mengamati peristiwa alam Gerhana Matahari Total (GMT).
  

KULONG 7 

 

  


         Kulong 7 merupakan obyek wisata baru yang ada di Kecamatan Kelapa Kampit. Terletak di Desa Mayang tempatg ini  mulai dibuka sejak 2015 yang lalu, Kulong 7 merupakan sebuah danau buatan kecil yang mana di tempat ini tersedia fasilitas seperti rumah makan, toilet umum, tempat duduk santai dan lainnya. Di tempat ini kita bisa mencoba berbagai permainan seperti Bebek Karet, Jetski, Banana Boat. Setiap sore tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu luang sembari menikmati makanan yang dijual oleh pedagang di tempat ini. Obyek wisata ini berjarak sekitar 3 Km dari pusat Kecamatan Kelapa Kampit


KELENTENG FU DE CI

 


          Terletak sekitar 2 Km dari pusat Kecamatan Kelapa Kampit, salah satu Kelenteng termegah di Pulau Belitung ini dibangun ulang pada tahun 2010 yang lalu, setelah pada tanggal 25 Desember 2009 Kelenteng ini terbakar hebat yang mengakibatkan semua bangunan harus di bangun ulang. Keletenteng yang proses pembangunannya memakan waktu selama 4 tahun ini di resmikan pada tanggal 9 Januari 2015 yang lalu oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketua Yayasan Kelenteng Kamarudin Muten (Afa) menjelaskan bahwa Kelenteng ini memiliki konsep I+ W (Ibadah & Wisata) sehingga selain digunakan untuk tempat beribadah Kelenteng ini juga dijadikan sebagai salah satu obyek wisata andalan di Desa Pembaharuan Kecamatan Kelapa Kampit

          Pada Maret 2016 yang lalu Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya bahkan pernah singgah langsung untuk melihat Kelenteng yang menjadi obyek wisata ini. Salah satu keunggulan dari Kelenteng ini adalah hampir sebagian besar ornamen yang menghiasi Kelenteng ini didatangkan langsung dari negari Tiongkok. 


MENARA STOVEN

 


          Menara Stoven merupakan bekas cerobong asap yang telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda, sebenarnya pada saat awal pembangunan terdapat beberapa buah Menara Stoven, namun karena dimakan oleh usia yang tersisa kini hanya ada 1 menara saja. Menara yang terletak di Desa Senyubuk ini pada Agustus 2016 yang lalu pernah dijadikan tempat untuk melaksanakan upacara bendera memperingati 71 tahun kemerdekaan Indonesia.


_______________________________________________________________________

          Selain beberapa obyek wisata tersebut, Kecamatan Kelapa Kampit juga memiliki beberapa fasilitas umum yang akan memperindah tampilan Kecamatan Kelapa Kampit seperti berikut :


SPBU KELAPA KAMPIT


 ISLAMIC CENTER KELAPA KAMPIT


STADION MINI KELAPA KAMPIT





Share:

0 comments:

Posting Komentar

CALEG DPRD KABUPATEN BELITUNG TIMUR

CALEG DPRD  KABUPATEN BELITUNG TIMUR

HARAPAN BARU MASYARAKAT

HARAPAN BARU MASYARAKAT

DAPIL KELAPA KAMPIT - DAMAR

DAPIL KELAPA KAMPIT - DAMAR

pesan

"Pemimpin Secara Administrasi Berada di Titik Paling Paling Atas, Akan Tetapi Secara praktek Ada di Paling Bawah Sebagai Pelayan Rakyat"

Nomor 2 PDI Perjuangan

Nomor 2 PDI Perjuangan

KARTU NAMA

KARTU NAMA

KALENDER 2024

KALENDER 2024

JERSEY RESMI

JERSEY RESMI